Penyebab Hidung Mimisan pada Anak Balita & Tips Simpel Pengobatannya

Pernahkah anak anda mengalami mimisan? Apakah anda tahu penyebabnya apa? Bagaimana cara pengobatannya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas mari kita simak ulasan berikut ini dengan sebaik-baiknya.

Mimisan merupakan peristiwa ketika terjadinya keluar darah dari hidung. Penyebabnya bermacam-macam jenisnya, mulai dari sebab sederhana seperti kebiasaan mengupil, kelembaban yang rendah sampai adanya benturan atau trauma tertentu.

anak balita mimisan karena apa

Peristiwa ini sering terjadi pada anak-anak, tidak berbahaya dan dapat berhenti dengan sendirinya. Namun dalam kasus tertentu, mimisan yang terlalu sering atau terus menerus terjadi bisa menimbulkan bahaya dan haris segera ditangani dengan benar. Bila perlu dirujuk ke pelayanan kesehatan terdekat.

Penyebab lain dari terjadinya mimisan pada anak adalah karena adanya trauma atau benturan. Dapat berhenti dengan sendirinya tetapi sebaiknbya dilakukan pertolongan pertama.

berbahayakah mimisan pada balita

Bisa juga terjadi ketika Dengue Shock Syndrome pada kejadian demam berdarah, dimana terjadi pendarahan yang salah satunya lewat lubang hidung. Juga dapat terjadi pada peristiwa keracunan karne bahan-bahan kimia tertentu.

Prinsip penanganan mimisan ada tiga yaitu menghentikan pendarahan, mencegah kompliksi dan mencegah terulangnya mimisan.

cara mengobati mimisan pada balita

Untuk Mimisan Pada Anak dengan pendarahan yang ringan, menghentikan pendarahan dapat dilakukan dengan menekan kedua cuping hidung ke tengah selama beberapa menit. Untuk pendarahan yang hebat yang penhentian pendarahan dengan menekan cuping hidung gagal, maka pasien segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mimisan Pada Anak dapat dicegah dengan cara menghindari benturan atau kebiasan mengorek-ngorek hidung. Selain itu hindari menghirup asam sulfat, bensin,amonia secara terus menerus.

mengatasi mimisan pada balita

Cara mengobati mimisan pada anak balita:

  1. Jangan membaringkan bayi dan menundukkan kepalanya.

Untuk pertolongan pertama bagi anak Anda yang mengalami mimisan, maka sebaiknya jangan membaringkan anak atau menundukkan kepalanya karena hal ini akan membuat keadaan menjadi semakin parah. Dan selain itu juga sebaiknya hindarilah mengangkat kepala ke arah atas.

  1. Posisi yang paling baik adalah posisi tegak.

Anda bisa membuat posisi duduk pada anak Anda dengan posisi kepala yang sedikit lebih maju, dan Anda juga bisa menggunakan jempol atau juga telunjuk untuk bisa menutup lubang hidung mereka dengan cara memijat hidung selama 2-5 menit. Kemudian bernapaslah lewat mulut

mimisan pada balita saat tidur

  1. Menggunakan daun sirih.

Daun sirih memang sudah dipercaya sejak lama dalam membantu mengatasi mimisan. Anda bisa mengambil daun sirih yang sudah terlebih dahulu dicuci kemudian setelah itu digulungkan membentuk corong dengan ukuran lubang hidung anak Anda dan setelah itu disumpalkan pada lubang hidung selama kurang lebih 15-20 menit.

  1. Menggunakan es batu.

penanganan mimisan pada balita

Cara menghentikan darah yang keluar dari dalam hidung berdarah adalah dengan menggunakan es batu. Anda bisa membungkus es tersebut dengan lap atau kain bersih, kemudian tempelkanlah dibagian kening dan hidung anak Anda. Es batu bermanfaat untuk membantu mengecilkan pembuluh darah yang membesar dan bisa membuat darah berhenti.

Nah demikian ulasan mengenai penyebab mimisan pada balita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang berbudiman.

Leave a Comment

Bitnami