Diare Pada Saat Ibu Menyusui? Cara Mengatasi & Obat Tradisional Alami

Aduh… diare memang menyusahkan ya bun? Apalagi jika kegiatan banyak dan harus bolak-balik ke kamar mandi karena ingin buang air besar.

Tidak masalah kalau cuma kerjaan, gimana kalau terkena diare saat sedang menyusui? Bolehkah tetap menyusui dan bagaimana penanganannya?

Diare memang bisa menyerang siapa saja termasuk ibu menyusui. Sebenarnya diare bukanlah suatu penyakit, diare lebih tepat disebut sebagai gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri.

Diare juga dapat disebabkan oleh reaksi negatif pada makanan, parasit, obat atau bakteri dan kotoran yang ada di dalam makanan ibu.

cara mengatasi diare saat ibu menyusui

Hampir semua kasus diare akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun diare yang parah bisa mengakibatkan seseorang bisa menginap di rumah sakit.

Untuk pemberian ASI saat ibu diare, bunda tidak perlu khawatir. ASI dapat diberikan dan tidak perlu dihentikan asalkan anda dapat mencegah penularan pada bayi.

Penularan ibu sakit saat sedang menyusui dapat diatasi dengan menggunakan masker atau obat-obatan dan menjaga kebersihan terutama dengan mencucui tangan, karena penularan penyakit diare pada bayi biasanya terjadi akibat kurang bersihnya bunda dalam mencucui tangan.

Tidak perlu terlalu panik karena antibodi yang dibentuk ketika ibu menyusui sedang sakit terdapat di dalam ASI. Zat kekebalan tubuh ini akan menghindari bayi terkena penyakit.

Begitupula dengan obat-obatan yang dikonsumsi ketika sakit, ibu menyusui tidak perlu khawatir karena tidak berpengaruh pada bayi.

Kandungan obat yang diminum oleh ibu dan masuk ke dalam asi hanyalah sekitar 1% saja.
Jika ibu sudah terlanjur mengalami diare, hal pertama ayang harus dilakukan adalah dengan mengobatinya.

Pengobatan yang aman untuk ibu menyusui adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pengobatan diare yang menggunakan bahan alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh chamomile.

Teh chamomile sangat baik untuk mengatasi diare karena dinilai mampu membantu mengatasi radang yang terjadi pada usus sehingga kolon menjadi lebih nyaman.

Konsumsi teh chamomile sebanyak 3 cangkir setiap hari, minum teh chamomile sedikit demi sedikit, supaya kandungan alami dari teh chamomile dapat terserap dengan lebih maksimal.

Selain mengonsumsi teh chamomile, bunda juga bisa mengonsumsi blueberry. Sama halnya dengan teh hitam yang memiliki kandungan tanin, buah blueberry dinilai mampu menahan cairan.

Buah blueberry juga kaya akan kandungan antosianin yang mana merupakan antiosidan kuat dan bisa jadi bersifat antibiotik. Jadi konsumsi buah blueberry dengan takaran yang pas disaat bunda mengalami diare, diare jadi cepat sembuh.

Begitu ya bun? Saat ibu mengalami diare boleh saja tetap menyusui, tapi harus meminimalisir penularannya, selain itu bunda diharapkan untuk segera berobat.

Diare dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga ibu menyusui harus menjaga asupan cairan. Atur pola makan untuk tetap menjaga tubuh. Hindari bahan makanan yang dapat memicu diare yang semakin parah.

Dan jangan lupa biasakan untuk mencuci tangan sehingga mengurangi penyebaran diare.

Leave a Comment

Bitnami