Skip to main content
Cara Merawat Bayi Muntah Dan Cirit Birit

Cara Merawat Bayi Muntah dan Cirit Birit

Cara Merawat Bayi Muntah Dan Cirit Birit

Bayi yang muntah dan cirit birit serint merepotkan orang tua, apalagi jika tidak terbiasa merawat. Jika masih bayi dan belum bisa diajak komunikasi dengan lancar, biasanya agak susah mengajarinya agar bisa disuruh ke toilet atau ke WC. Bayi 1 tahun kebawah sudah pasti tidak bisa kita ajari untuk muntah di wastafel atau kamar mandi, dibawah 1 tahun belum bisa untuk buang air besar ataupun kecil sendiri. Kita sebagai orang tua mesti siap-siap dengan pampers atau clodi.

Tips Praktis Mengajari Anak Buang Air Agar Tidak Cirit Birit

Adapun bayi yang sudah diajak komunikasi intens, pas lagi pipis dia berekspresi atau kebingungan ngeden misalnya, maka pelan-pelan bisa kita ajari untuk ke kamar mandi/jamban. Awal-awal kita mesti agak sigap/buru-buru ketika dia mengucapkan keinginannya untuk pipis sendiri. Perlu kita kasih hadiah pas pertama bisa ya, agar si kecil bangga dan merasa ini sebuah prestasi. Hal ini akan mempermudah ia, sehingga kedepan kita jadi lebih enak tidak perlu buru-buru lagi, kita cukup mencebok saja, untuk memastikan bersih, ketika udah diatas 6 tahun mestinya sudah cebok dengan bersih.

Batas usia berapa untuk lepas pampers/clodi? Tidak ada batasan usia, semua anak punya batas kemampuan belajar sendiri-sendiri. Yang pasti usia 1 tahun keatas, kita mesti telaten mengajari untuk pipis sendiri. Cara yang cukup efektif adalah setiap 2-3 jam sekali kita ajak buah hati kita ke kamar mandi, biasanya asal dia bisa diajak komunikasi serius, dalam 2 minggu saja dia sudah bisa mengungkapkan akan keinginan buang airnya, sehingga tidak ada lagi cirit birit.

Writen by

plaag

Writen By plaag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *