Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah penyakit peradangan pada paru-paru atau bronkus serta mampu menyebabkan terjadinya inflamasi. Ada dua jenis penyakit bronkitis, yaitu penyakit bronkitis akut dan penyakit bronkitis kronis serta keduanya pun berbeda.

Penyakit bronkitis akut paling sering menyerang pada anak-anak di bawah 5 tahun dan dapat bertahan mulai dari 2 sampai 3 minggu. Sementara untuk bronkitis kronis yaitu penaykit bronkitis yang sudah mencapai tahap akhir sehingga membutuhkan pengobatan sesegera mungkin.

Banyak yang bertanya apakah bronkitis sama dengan tbc? Padahal sebenarnya berbeda karena apabila penyakit tbc ditentukan oleh bakteri M. Tuberkulosis, sedangkan penyakit bronkitis disebabkan oleh adanya infeksi di saluran nafas yaitu bronkus.

Penyakit bronkitis pun sangat berbahaya, jadi jangan anggap remeh untuk penyakit yang satu ini. Ada juga yang bertanya apakah penyakit bronkitis menular atau tidak? Jawabannya adalah bronkitis dapat menular. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengetahui bagaimana penyebab dan cara mencegahnya.

cara mengobati penyakit bronkitis

Penyebab Penyakit Bronkitis, Bahaya Bronkitis, dan Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Secara Alami

Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Gangguan yang menyebabkan terjadinya bronkitis adalah yang pertama karena daya tahan tubuh yang lemah. Seperti yang Anda ketahui bahwa daya tahna tubuh dapat berfungsi untuk mencegah penyakit.

Merokok

Penyebab lainnya adalah merokok yang mana jika orang tersebut sebagai perokok aktif maka akan sangat mudah untuk menderita penyakit bronkitis.

Virus

Salah satu penyebab yang paling umum untuk penyakit bronkitis adalah virus. Seperti yang Anda ketahui jika virus sangat mudah untuk menular dan jika sudah terkena virus untuk penyembuhannya menjadi sangat lama.

Polusi Industri

Penyebab lain untuk seseorang dapat terkena bronkitis adalah karena polusi indistri, yang mana jika orang tersebut bertempat tinggal di lingkungan yang berdekatan dengan industri.

Bahaya Penyait Bronkitis

Ada lima bahaya penyakit bronkitis yang perlu Anda ketahui yaitu dapat menyebar menjadi pneumonia yang merupakan penyakit paru-paru basah. Hal tersebut menandakan jika kondisi paru-paru Anda sudah sangat menurun karena bronkitis sudah berubah menjadi penumonia. Bahaya lainnya adalah dapat menyebar menjadi efusi pleura yaitu suatu penyakit yang terjadi pada bagian lapisan pleura paru-paru.

Bahaya selanjutnya adalah orang yang terkena bronkitis dapat mengalami batuk berdarah yang terjadi akibat permasalahan pembuluh darah pada paru-paru atau organ sistem pernafasan lainnya. Kemudian orang tersebut akan mengalami sesak nafas akut yang mana menjad indikasi jika paru-paru orang trsebut sudah sangat parah. Yang terakhir adalah mengalami kematian karena lengah ketika menjalani pengobatan.

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Secara Alami

Untuk Anda yang akan melakukan pengobatan secara alami dapat melakukannya dengan cara minum air putih yang banyak yang mana air putih akan menjadi obat alami penderita bronkitis akut. Kemudian Anda juga dapat makan buah nanas dan minum teh jahe secara rutin. Pada nanas terdapat enzim bromelain yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, sedangkan teh jahe akan dapat menenangkan saluran pernafasan yang meradang. Minumlah 2 gelas setiap hari.

Selanjutnya, cara mengobati penyakit bronkitis adalah dengan bawang putih segar, karena ketika Anda melepaskan enzim allinase yang membentuk allicin sehingga mengarah pada penciptaan senyawa organosulphur. Caranya yaitu dengan didiamkan selama 10 menit sebelum Anda memasak maka akan mampu menagktifkan senyawa allicin.

Itulah dia atas mengenai penyebab penyakit bronkitis, bahaya bronkitis, serta cara mengobati bronkitis secara alami. Namun, semua itu lebih baik jika Anda mencegahnya dari pada mengobati. Untuk pencegahan bronkitis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi obat herbal.

Demikian artikel kami tentang cara mengobati penyakit bronkitis, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Bagikan tulisan ini:

Leave a Comment